Secara historis, PSPBSI ada sejak berdirinya IKIP PGRI Malang. Pada waktu itu, program studi ini berstatus sebagai jurusan, yakni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di bawah Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS). Setelah IKIP PGRI Malang berubah menjadi Universitas Kanjuruhan Malang, PSPBSI berada di bawah FKIP. Sejak September 2015 PSPBSI berada di bawah naungan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Program studi ini diselenggarakan menurut dasar visi, misi, dan tujuan program studi yang diselaraskan dengan visi, dan misi, tujuan Fakultas Bahasa dan Sastra serta visi, misi, dan tujuan Universitas Kanjuruhan Malang. Berlandaskan visi, dan misi, tujuan itu, PSPBSI merupakan program studi yang berperan penting untuk menghasilkan sarjana bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan analisis yang kuat sehingga mampu mengelola dan mengkaji berbagai fenomena yang bertautan dengan lingkungan dan dunia pendidikan yang mendasarkan pada keunggulan kompetensi komunikatif, nilai nilai moral, etika pendidikan, teknologi pembelajaran dan komunikasi, serta dinamika sosial budaya.

PSPBSI merupakan salah satu program studi di lingkungan FBS Universitas Kanjuruhan Malang yang memperoleh mahasiswa yang secara kuantitas dan kualitas yang memadai serta berasal dari berbagai latar belakang sosial, budaya, dan bahasa daerah dari berbagai penjuru Nusantara. Kekuatan itu menjadi sumber utama dalam arti pembinaan dan pengembangan mahasiswa yang dalam program studi ini dianggap sebagai program utama dengan mendasarkan pada tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan secara sistematis. Pengobtimalan pembinaan dan pengembangan mahasiswa dirancang berdasarkan kurikululum pendidikan yang diberlakukan di prodi sebagai kegiatan intrakurikuler dan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan melalui pelatihan softskill, kewirausahaan, dan indusri kreatif bidang bahasa di samping pembinaan dan pengembangan yang diupayakan pada tingkat universitas melalui berbagai organisasi kemahasiswaan yang juga didukung oleh suatu sistem layanan yang relatif lengkap dan berkualitas.

PSPBSI mengalami berulang-ulang perubahan kurikulum. Kurikulum yang berlaku terakhir sudah mendasarkan pada kurikulum nasional dan kurikulum berbasis kompetensi. Perubahan mengikuti kurikulum berbasis kompetensi di prodi ini dilakukan pada tahun 2003/2004 dan dibahas pada tahun 2007. Sedangkan penyesuaian penyesuaian terhadap materi ajar dan silabi dilakukan tiap semester, peninjauan kurikulum dilaksanakan pada tahun 2009 dan berlaku sampai dengan tahun 2013.
Sejak tahun 2014 sebagai program studi yang berusaha menghasilkan luaran pembelajaran yang unggul (quality learning outcome), PSPBSI merupakan program studi yang dikembangkan berdasarkan Rancangan Kurikulum yang disusun berlandaskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum PSPBSI tersebut disusun mengacu pada visi, misi, dan tujuan prodi dengan target utama memiliki keunggulan dalam empat profil program studi, yakni menghasilkan lulusan sebagai (1)sarjana pendidikan bahasa Indonesia, (2) guru bahasa Indonesia, (3) peneliti bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah di Nusantara sebagai bahasa bantu bahasa Indonesia, dan (4) wirausahawan bidang bahasa.

Upaya mewujudkan visi, misi, dan tujuan program studi, PSPBSI memiliki SDM yang berdedikasi dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam rangka membina dan mengembangkan kompetensi mahasiswa, bidang keilmuan, dan segi keorganisasian program studi. Terkait dengan itu, kekuatan program studi dalam bentuk kepemilikian tenaga dosen yang berkualitas baik dilihat dari jabatan fungsional akademik maupun tingkat pendidikan, program studi ini merupakan program studi yang kondusif.

  • Perguruan Tinggi: Universitas Kanjuruhan Malang
  • Fakultas: Bahasa dan Sastra
  • Program Studi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Gelar Lulusan: Sarjana Pendidikan (S.Pd)
  • Program Diakreditasi oleh: BAN PT Kemendikbud RI
  • Nilai Akreditasi: B
WhatsApp chat